Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Terapkan Cara Ini Agar Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Home / Gaya Hidup / Terapkan Cara Ini Agar Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup
Terapkan Cara Ini Agar Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup ILUSTRASI. Anak tidur tepat waktu. (Foto: Huffington Post)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Waktu tidur bagi anak-anak sangat penting bagi tumbuh kembang fisik dan mental anak secara optimal. Karena itu orang tua harus memperhatikan anak memiliki waktu tidur yang cukup. 

Namun kebanyakan orang tua mengalami kesulitan dalam menerapkan disiplin tidur pada anak. Untuk mengatasinya, orang tua perlu trik khusus yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Dengan demikian, bukan hanya anak yang punya kebiasaan tidur cukup, tapi orang tua juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan untuk menanamkan kebiasaan tidur cukup pada anak dilansir dari The Asian Parent.

1. Pastikan Seluruh Anggota Keluarga Memiliki Jam Tidur Rutin yang Sama
Rutinitas akan lebih mudah diikuti anak jika seluruh anggota keluarga juga melakukannya. Karena itu, biasakan memiliki jam tidur rutin bagi seluruh keluarga.

Lakukan kegiatan yang rileks sebelum tidur agar anak bersikap tenang dan lebih mudah untuk tidur. Orang tua bisa memutar musik yang menenangkan atau membacakan buku cerita untuk anak.

2. Hindari Aktivitas yang Memebri Stimulasi Berlebih saat Mendekati Jam Tidur
Dalam usaha menanamkan kebiasaan tidur cukup, orang tua harus menghindari aktivitas yang memberi stimulasi berlebih pada anak. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi, olahraga berat, jalan-jalan sampai larut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari saat mendekati jam tidur.

Selain itu, kurangi screen time karena cahaya layarnya bisa membuat mata terstimulasi dan susah untuk terpejam.

3. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman
Anak memiliki preferensi agar bisa merasa nyaman saat tidur. Ada anak yang hanya bisa tidur jika ruangan gelap, adapula yang harus terang. Pastikan anak merasa nyaman supaya dia bisa tidur dengan tenang.

Bila anak mudah merasa kedinginan, berikan selimut tebal yang bisa membuatnya tetap hangat. Sebaliknya, bila udara terlalu panas, sediakan kipas angin atau AC untuk membuatnya lebih nyaman.

4. Tekankan Bahwa Ranjang Hanya untuk Tidur
Biasakan agar ranjang anak hanya digunakan untuk tidur. Buatlah dia mengerti bahwa tempat tidur adalah untuk tidur, bukan untuk hal lainnya.

Bermain, menonton televisi, atau kegiatan lain harus dilakukan di luar kamar anak. Sehingga ketika orang tua membawanya ke tempat tidur, dia akan paham bahwa waktu tidur telah datang.

5. Konsisten Menerapkan Rutinitas Tidur
Dalam menanamkan kebiasaan tidur cukup pada anak, orang tua harus benar-benar konsisten dalam menerapkan rutinitas harian. Jadi, meskipun esok adalah hari libur, biasakan agar anak tetap tidur tepat waktu. Dengan demikian, dia tidak akan mengalami perubahan jam biologis yang membuatnya sulit tidur pada hari sekolah. (*)

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com